Ujian 4 in 1

16 12 2007

Siang tadi di kelas SIM (Sistem Informasi Manajemen) Ilmu Komputer diadakan ujian tengah semester mendadak. Soal yang diberikan berjumlah 10 soal, semuanya esai dan rata-rata mengandung kata-kata: ‘DEFINISIKAN’ dan ‘JELASKAN’. Glodax! Jelas saja satu kelas pada panik, meskipun Mr.Bond, dosen kami memang sudah mewanti-wanti kalo UTS bakal diadakan gak sesuai jadwal-yaitu kira2 sebulan yg lalu- tapi sewaktu-waktu, dan terserah pada bapaknya kapan. Masalahnya, dengan soal semacam itu waktu yang tersedia hanya 1 jam saja! Plus….close book.
Begitu si bapak sudah mulai mendiktekan soal, aku hanya bisa menggeleng-gelengkan kepala sambil menulis. Bayangkanlah suasana kelas yang sunyi dan sepi, dan hanya terdengar suara pena bergesekan dengan kertas, didominasi oleh suara si bapak yang mengeluarkan soal-soal maut. Soalnya? Yak, perhatikan berikut ini:
Nomor 1-5 penjelasan ttg: SIM, data, informasi, knowledge management, bla-bla-bla sampe manfaat dan kerugian e-commerce. Okelah, yang ini emang SIM banget…..relevan-relevan…!
Nomor 6-7 penjelasan ttg OSI, plus layer2nya! Dwuenggg….! Gak nyangka soal uts jarkomp kemarin muncul juga di SIM…..!!! Yah….okelah, msh lupa2 inget. Di jarkomp materi protokol kan dasar banget pak!
Nomor 8 penjelasan DBMS, entitas, model relasi,plus diagram entitas relasi! Tuiingggg…..ini mah soal uts Basis Data I semester kemarin…..??
Nomor 9-10 penjelasan SDLC dan tahap2nya!!!!! Aaahhhhhhhhh……..ini soal uts APS…!!!!!!!
Yah..kami anak angkatan 2005 masih beruntung karena setidaknya kami sudah pada mengambil matakuliah2 di atas(untuk kasus BD1) ato sedang menempuhnya(Jarkomp+APS). Masalahnya, kelas kami 50%nya memang angk.05, tapi sisanya adalah angkatan bawah kami, anak 2006 yang belum mengambil Basis Data 1 ataupun APS. Susah juga…..entah bagaimana hasil uts kami nanti. Yang jelas, aku mengerjakan soal-soal tadi tanpa persiapan dan hanya berbekal ingatan dari hasil mengerjakan uts matakuliah lain plus apa yang disampaikan bapaknya di kelas(yang cuma beberapa kali masuk, karena lagi sibuk ngurusi Jardiknas dan belum sempat ngganti).

Advertisements




Getting Older(with glory….)

13 12 2007

Siapapun itu..selama dia masih hidup(of course!) akan mengalami proses yang namanya menua. Termasuk:KITA Gimana lagi, itu kan salah satu ciri kehidupan! Well, yang namanya tua belum tentu berarti “time up!”. Tapi tentunya makin tua berarti “wiser”, krn dh bukan child ato teen lagi kan?. Seharusnya.

Maka dari itu, menjadi tua haruslah menjadi ‘lebih’. Lebih baik, lebih prestatif-dunia akhirat-, lebih taqwa, lebih berusaha, lebih kerja-keras(ato kerja-keras lebih?).Sudah saatnya pula untuk tidak membatasi dari pada kemenangan pribadi, atau fokus pada ‘yang penting gua’. Bagi seorang muslim, sudah seharusnya kedewasaan itu berarti memperluas pencapaian pribadi tidak hanya sebatas lu2s kuliah, dpt kerja, nikah, dsb. Sudah seharusnyalah syahadat kita menghasilkan kesadaran untuk menjadikan agenda umat sebagai pencapaian pribadi kita. Bukan sekedar -ini-kewajiban-dari-Allah-bukan-termasuk-target-pribadi-saya. Justru kita gak bisa memisahkan agenda umat dengan ‘target’ kita, karena-however- kiat hidup di kapal yg sama dengan umat kan?

Jadi walaupun tahun ini belum berakhir, dan resolusi kita belum -waktunya- berganti, toh tak ada salahnya kita memperbarui diri dengan semangat semacam ini kan? apalagi proses penuaan-yang seringkali hanya kita sadari setahun sekali-berlangsung tiap detik, bahkan milidetik. Maka rugilah kita yang MENUA, tanpa memperoleh KEMENANGAN. So? Getting Older doesn’t Matter, as Far We Become Wiser, eh?





Alhamdulillah..!

13 12 2007

Yah….tidak salah kan kalo kata pertama di blog ini yag sy tulis adalah untuk memuji Allah…Karena gmnpun krn skenario Allah Azza wa Jalla lah tulisan ini ada……