Politik Kuasa Media by Noam Chomsky

30 04 2008

”Fakta di media massa hanyalah hasil rekonstruksi dan olahan para pekerja redaksi. Walaupun mereka telah bekerja dengan menerapkan teknik-teknik jurnalistik yang presisi, tetapi tetap saja kita tidak dapat mengatakan bahwa apa yang mereka tulis adalah fakta yang sebenarnya. Salah satu pemikir yang menyumbang keraguan ini adalah Noam Chomsky.

Menurut Noam Chomsky informasi di media hanyalah sebuah rekonstruksi tertulis atas suatu realitas yang ada di masyarakat. Namanya rekonstruksi tentunya sangat tergantung pada bagaimana orang di balik media dalam melakukan kerjanya.

Buku ini menjelaskan secara menarik peran propaganda media massa dalam rekayasa opini publik. Noam Chomsky juga mendedah bagaimana para penguasa sebenarnya memiliki tujuan yang kontraproduktif dengan keinginan publik/ rakyat untuk terus melanggengkan kekuasaan.”

–Back Cover POLITIK KUASA MEDIA—

Judul Buku : Politik Kuasa Media

Judul Asli : Media Control: The Spectacular Achievements of Propaganda

Pengarang : Noam Chomsky

Penerbit : Pinus Book Publisher

Tahun : 2006 , Edisi II(Revisi)

Ukuran : 12 x 19 cm

Buku imut dengan tebal 68 halaman ini isinya memang cukup berat dibandingkan tampilannya yang slim. Berisi 7 essay seputar media massa dan propaganda yang diawali dengan essay pertama yaitu ”Kuasa Media, Pencapaian Spektakular Propaganda Media Amerika” dimana Pak Chomsky memberikan batasan terhadap tulisan-tulisan berikutnya. Bab 2, ”Awal Munculnya Propaganda” mengupas sejarah singkat munculnya propaganda di masa modern(disini Chomsky membatasi sejak masa Woodrow Wilson). Pada ”Pemirsa Demokrasi” pembaca akan digiring untuk menyadari bahwa selama ini publik telah dibatasi hanya sebagai”penonton” saja, tanpa diijinkan ada campur tangan di dalamnya. Bab-bab selanjutnya, ”Industri Humas”, ”Rekayasa Opini”, ”Representasi sebagai Kenyataan”, ”Budaya Pemberontak”, ”Parade Para Musuh”, ”Diskriminasi Persepsi”, dan bab terakhir yang lebih condong ke arah contoh praktis ”Perang Teluk” mengupas bahwa betapa media massa dan propaganda hanyalah alat jebakan semata untuk membuat publik merasa seakan-akan ada ”kebebasan berekspresi, berkumpul” namun pada dasarnya tanpa mampu mengadakan satu perubahan.

—Kira-kira sih gitu..—

Worth enough to read.😛


Actions

Information

4 responses

21 04 2010
jen nugraha

halo… saya dulu punya buku ini.. tapi entah kemana hilang. bisakah saya mendapatkan copy-nya..? saya akan ganti plus ongkir… tmks…

21 04 2010
swamp

2 jen nugraha,
Wah…boleh2. Coba saya carikan dulu di pameran buku yang bakal hadir awal Mei ini. Buku ini memang bagus kok..

28 05 2010
Nevy

Buku ini emang cakep.aq punya,peran media emang sngt pnting untk mempertahankan bercokolnya ideologi

3 06 2010
swamp

2 Nevy,
justru itu…bergantung juga ideologi sapa yang dianut sama si media, ideologi penguasa ato ideologi pemberi kuasa…heheh…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: