Sehat itu Murah

23 05 2008

Itulah judul buku karya oleh Dr.Handarwan Nadesul yang diterbitkan oleh Penerbit KOMPAS. Bukan apa-apa, aku pinjem buku ini dari Perpus Kota–awalnya–dengan satu tujuan: cari bahan buat Tugas Akhir Semester kuliah Sistem Pakar. Alhamdulillah, ternyata buku ini memberikan manfaat lain, yaitu: menambah pengetahuan dan kesadaran bahwa kesehatan itu penting!

Kaget juga, karena dalam buku ini dijelaskan kalo manusia itu punya ‘bakat hidup’ sepanjang 120 tahun–secara defaultnya–, tetapi apakah 120 tahun itu akan tercapai atau tidak dan maksimal atau nggak bergantung pada langkah-langkah kita untuk menjaga modal sehat tersebut.

Lalu? Kalo sehat itu murah, berarti sakit itu mahal donk? YUP! BENAR SEKALI! Selain mengeluarkan biaya untuk berobat ketika sakit, kemudian makanan bergizi dengan jumlah lebih besar untuk proses penyembuhan ada kerugian-kerugian yang tak tergantikan. Kerugian tersebut adalah waktu dan kesempatan! Gara-gara sakit, kita bisa kehilangan waktu yang seharusnya bisa kita pakai untuk melakukan aktivitas yang jauh lebih penting dari sekedar menyembuhkan diri. Kesempatan pun raib gara-gara tubuh tak mau diajak kerja sama.

Maka dari itu, mumpung tubuh masih bisa diatur, aturlah pola makan, kebiasaan, dan jam tubuh dengan sebaik-baiknya. Makan tak cukup hanya teratur namun gizinya pun harus pepek, lengkap. Kebiasaan-kebiasaan yang baik harus mulai dibangun, seperti misalnya kebiasan tidur dan olahraga. Penelitian menyatakan bahwa tidur siang mampu memulihkan tenaga dan menyegarkan tubuh. Nah, tapi bukan lama atau tidaknya yang menentukan, namun kualitasnya, apakah nyenyak atau tidak. Tidur berlebihan juga tidak baik, karena malah membuat badan lemas. Ini juga berlaku untuk tidur di malam hari.

Ingatlah, tubuh ini adalah amanah yang harus dijaga sebaik-baiknya. Yuk, mulai dari sekarang membiasakan diri hidup sehat, sehingga hidup pun jadi optimal. Sehat itu murah, asalkan kita mau mengatur diri. Rasulullah SAW menyunnahkan kita untuk tidur siang sejenak, mengapa tidak? Tidak perlu lama, hingga melalaikan urusan yang lain, tetapi cukup sebentar asal berkualitas. Kurang apa coba aturan Allah SWT?


Actions

Information

3 responses

23 05 2008
ratr

gak nyambung ma tulisane,, cuma mo mbalesi comment-mu di blogku..

emang kapan malang kembali? bukane udah ta? eh, gtau lagi se,, emang sok tau aku😛 aku jarang pulang se😦

kata aryu kamu jadi mau KP di surabaya ya?

25 05 2008
mina

ooo Pak Nadesul itu tulisannya menyenangkan🙂 dia sudah nulis sejak masih mahasiswa apa sekolah gitu. enak, membawakan artikel kesehatan secara populer.

26 05 2008
indra1082

Paling enak emank kalau sehat, kalo sakit serba gak enak..hehehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: