2008 Open Source CMS Award

17 07 2008

Mencari CMS open source terbaik? Bukan hal yang mudah jika jumlahnya amat banyak. Sekali lagi, Packt mengadakan OS CMS Award yang, sebagaimana dinyatakan dalam official website mereka, bertujuan untuk mendorong, mendukung, dan menghargai Open Source Content Management System (CMS) yang telah dipilih oleh sekelompok juri dan pengunjung di www.PacktPub.com. Artinya, kita dapat ikut berkontribusi dalam pemilihan tersebut dengan langsung mengujungi situs resmi Packt dan menyumbangkan suara kita untuk OS CMS pilihan kita.

Sebagaimana tahun lalu, kategori lomba terdiri dari Overall Winner, Most Promising Open Source CMS, Best Open Source PHP CMS, dan Best Other Open Source CMS, hanya 1 kategori yang rupanya hilang yaitu Best Social Networking Open Source CMS. Untuk keterangan lebih lengkap tentang ketentuan lomba dan hadiahnya, dapat dilihat di sini.

Jika tahun lalu CMS Made Simple terpilih menjadi Overall Winner, diikuti finalis lain yang terdiri dari Drupal, e107, Joomla!, dan PHP-Fusion, maka tahun ini persaingan makin ketat dengan banyaknya CMS yang mendaftar, termasuk CMS baru(terbit maksimal 2 tahun yang lalu) maupun CMS veteran. Sekalipun di Indonesia Joomla! lebih populer dibandingkan Drupal atau bahkan CMS Made Simple, namun nyatanya pemenang tahun lalu adalah CMS Made Simple(walaupun memang pada tahun 2006 Joomla! sempat meraih gelar ini). Namun sekali lagi, Anda dapat ikut menyumbangkan suara Anda dalam kontes ini, jadi jika Anda ingin menyuarakan suara hati anda siapa yang paling berhak menjadi CMS terbaik, silakan langsung kunjungi Packt Pub.

Bagaimana dengan WordPress? Tahun lalu WP berhasil finalis ke-5 dalam kategori Best Social Networking Open Source CMS. Bersanding dengannya (dari urutan 1 ke 4) adalah Drupal, Elgg, LifeType, dan Moodle. Daftar ini sempat menimbulkan tanda tanya, karena WordPress dan Lifetype dirasa lebih ke arah blog, bukan social networking CMS. Namun karena tahun ini kategori tersebut ditiadakan, maka persaingan yang lebih ketat akan terjadi di kategori lain.

Bagi Anda yang ingin tahu sekaligus mencoba berbagai macam open source CMS yang wira-wiri di jagad maya ini, saya rasa paling pas jika anda mengunjungi www.opensourcecms.com. Situs ini selalu mengupdate daftar CMS-nya, sekaligus menyediakan online demo sehingga pengunjung dapat mencoba langsung (CMS yang manapun!) serta menyediakan link untuk download. Kita juga dapat memberikan komentar terhadap CMS yang kita coba dan melihat komentar orang-orang yang pernah menggunakannya. Di situs ini CMS dikelompokkan dalam kategori Portals, Blogs, e-Commerce, Groupware, Forums, e-Learning, Image Galleries, Wiki, Lite, dan Miscellaneous. Siapa tahu Anda mendapatkan andalan baru untuk dipilih dalam OS CMS Award.

Sekedar bocoran, dalam artikel Review of open source content management systems yang terbit dalam newsletter Adobe bulan April tahun ini, Tommi West mengeluarkan daftar Top CMS(yang tentunya semua open source) yang dianjurkan untuk pemula maupun bukan, dilihat dari segi kemudahan dan fleksibilitasnya. Daftar tersebut terdiri dari CMS Made Simple, Drupal, Joomla!, WordPress, dan XOOPS. Apakah daftar ini merupakan prediksi finalis tahun ini, kita lihat saja nanti saat pengumuman finalis pada awal September nanti. Sampai saat itu, kita masih berkesempatan memasukkan OS CMS pilihan kita dalam daftar finalis tahun ini.

Sources:

http://en.wikipedia.org/wiki/Packt

http://misguidedthoughts.com/482/packt-open-source-cms-award-finalist-list

http://www.packtpub.com/award

http://www.opensourcecms.com/

http://www.adobe.com/newsletters/edge/april2008/articles/article4/index.html


Actions

Information

3 responses

19 07 2008
DataQ

Eh pertimbangan kita untuk memilih CMS tu apa aja ya? Soalnya selama ini Ane pake Joomla tu karena itu CMS yang satu-satunya Ane bisa (melas). Trus tau gak situ yang memuat detail / spesifikasi dan peruntukan penggunaan dari CMS-CMS yang sekarang beredar?

2 Data,
WP kan juga CMS Dat? An juga baru mulai nyoba2 kok.
Silakan aja buka opensourcecms.com dan coba demonya…ada lengkap kok disitu…setidaknya lumayan banyak dan selalu terupdate.

19 07 2008
ibnoe

just wait my- CMS.. it mixing of joomla and wordpress on codeigniter framework. it’s called arinta

2 Mas Ibnoe,
Ya monggo..didaftarin aja..entar biar kita vote..hehe..eh, tapi dah ditutup ya pendaftarannya? Cek aja langsung di Packtub.com

30 08 2010
Tomme Hanter

lock this site http://www.i9bourn.com/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: