Mengenal Tumbleblog

25 08 2008

Tumbleblog? Apaan siy?

Menurut Profesor Wiki,

A tumblelog is a variation of a blog, that favors short-form, mixed-media posts over the longer editorial posts frequently associated with blogging. Common post formats found on tumblelogs include links, photos, quotes, dialogues, and video. Unlike blogs, this format is frequently used to share the author’s creations, discoveries, or experiences without providing a commentary. – Wikipedia

Singkat kata, tumbleblog itu salah satu variasi dari blog yang isinya pendek-pendek, dan umumnya hanya berupa links, foto, kutipan, dialog/chat, lagu, video, namun semuanya memilki bentuk yang singkat, berbeda dengan blog pada umumnya yang berisi berbagai tulisan, terkadang sampai panjaaaang.

Tumbleblog ini diibaratkan adalah sebuah agenda, sedangkan blog adalah sebuah diary. Artinya, isi tumbleblog ya singkat-singkat saja, malah bisa jadi sebuah tulisan dalam tumbleblog hanya berupa links yang mengarah ke suatu tempat/tulisan tertentu atau bahkan sekedar informasi tentang apa yang dilakukan si penulis saat itu.

Tumbleblog didesain untuk memiliki interface yang amat simple dan mudah, sehingga tidak membuat repot si pemilik blog. Apalagi untuk orang yang amat sibuk sehingga jarang bisa menulis banyak(sedikit aja susah, apalagi banyak!) untuk mengisi blognya, sangat disarankan untuk memilih tumbleblog, dibanding blog konvensional. Tentu saja tumbleblog juga dapat digunakan sebagai summary yang menyediakan link menuju blog/website.

Bagaimana cara membuat tumbleblog?

Gampang aja, kalau kita sudah memiliki hostingan sendiri, dapat menggunakan CMS yang memang dikhususkan untuk tumbleblog. Salah satunya adalah GelatoCMS. Saya sendiri sudah mencoba versi 0.95-nya, dan menurut saya, CMS tumbleblog ini benar-benar mudah dan simple, walau masih ada kekurangan. Saya masih menemukan beberapa error berkaitan dengan fungsi editing. Namun untuk dijadikan satu pilihan bagi siapa saja yang ingin memiliki tumbleblog, mengapa tidak?

Cara lain adalah dengan memiliki account di tumblr.com. Enaknya, selain gratis(tentu saja!), fitur yang disediakan amat menarik. Selain fungsi dasar untuk posting dan editing, tumblr menyediakan keleluasaan bagi kita untuk mengkustomisasi template pilihan kita, dan yang seru, kita bisa mengaksesnya dan memposting secara mobile lewat HP, dan bahkan memposting tulisan kita melalui IM.

Saya belum tahu siy, apa ada situs lain yang menyediakan free account untuk tumbleblogging selain tumblr. Saya juga belum mencoba CMS tumbleblog yang lain. Mungkin di lain waktu akan saya tuliskan di sini. Namun kalau masih penasaran, Mbah Google selalu bisa diandalkan😀

Bagi yang mau tahu lebih jauh, link-link berikut pasti akan berguna:

http://www.askdavetaylor.com/what_is_a_tumbleblog.html

http://blogsearch.google.com/

http://jaypeeonline.net/internet/tumbleblogs/

http://northxeast.com/blogging/13-reasons-bloggers-should-use-a-tumblelog-for-links/

http://tumblr.com


Actions

Information

One response

26 08 2008
Jaypee

Terima kasih untuk linkback ke blog saya!🙂

2 Jaypee,
Sama-sama!! Informasinya bener2 useful….;>

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: