Skripsi…skripsi…dan skripsi

14 11 2008

Masalah skripsi sedang jadi perbincangan yang hangat di kalangan Ilmu Komputer UB angkatan 2005. Entah masalah jalur pengurusannya, topiknya, judulnya, dosen pembimbingnya, progressnya, wah pokoknya banyak deh. Maklum deh, kita kan sudah pada semester 7, sebentar lagi kuliah yang harus diambil sudah habis.

Padahal, karena kita termasuk korban pergantian kurikulum setahun yang lalu, kuliah wajib semester ini masih lumayan banyak. Walhasil, semester 7 yang seharusnya cukup lowong untuk mulai menyusun skripsi pun bagi kami-kami angkatan 2005 malah berarti masih banyak jam-jam kuliah di kelas yang harus dimasuki dan masih banyak pula tugas kuliah yang harus diselesaikan.

Gimana pun, untung saja semester ini dibuka matkul Riset Dasar Ilmu Komputer yang sebenarnya merupakan matkul pengganti kuliah MPPI yang telah dihapus seiring pergantian kurikulum. Di kuliah ini, kita didorong untuk memulai dan merencanakan riset yang salah satunya adalah SKRIPSI kita. Baru tahu loh, ternyata untuk ukuran S1 kita ini dianggap cuman latihan menulis riset. Artinya, kita gak perlu nemunin metode baru, cukup otak-atik(alias modif) atau pake metode orang untuk bahan riset kita. Walhasil, sebenarnya nulis SKRIPSI itu sebenernya gak berat-berat amat(menurut teori). Yang menjadi masalah adalah ketekunan dan kerajinan kita, disamping ketelitian pemilihan topik dan data.

Makanya, mumpung semester 7 masih belum sampai pada penghujung, rasanya cukup menjadi dorongan buatku untuk mulai-mulai mencari permasalahan yang nantinya akan dibuat risetnya. Cari-cari di Internet, tanya kanan-kiri, baca-baca jurnal, pokonya segala kegiatan yang mungkin memunculkan inspirasi riset harus mulai dijalani!!! Wish me luck(orang kaya, cantik, ganteng, pinter, masih kalah sama orang beruntung :D)


Actions

Information

7 responses

14 11 2008
danu

Iya,, emang buat S1 cuman dianggap latihan nulis riset aja. Gak perlu nemuin hal baru.
Udah cukup sih.. klo kuliah di luar negri malah jarang banget yang mewajibkan bikin skripsi buat lulus S1.
Di AS klo gak salah cuma Harvard aja yg ada skripsi2an gitu.

15 11 2008
humorbendol

Semangat banget….!!!!
Semoga sukses ya….🙂

19 11 2008
Nur Maulidiyah

tapi kalo aku sih setuju aja ada nulis skripsi

semangat pit…^_^

25 11 2008
swamp

2 Danu
Iya tuh Dan, kakak kelasq yang ambil Bachelor di Belanda kayaknya kok gak sesusah di sini…tapi riset toh tetap menantang……

Terima kasih bwat semua dukungannya…Yah, semangat aja belum cukup tanpa kerja keras! OSH!!!

10 12 2008
ecoorner

ga kerasa dah mw semester 8…
dan ga kerasa judul utk skripsi-pun blm dapet2.. hehe

7 01 2009
Ilkomers03

You says “Padahal, karena kita termasuk korban pergantian kurikulum setahun yang lalu…”

angkatan 2003 jg pernah kena pergantian kurikulum loh…
tp yg bnyak kena efek malah 2002, coz bnyk kuliah yg dah diambil malah g masuk kurikulum baru.. kasian kan?

btw, good luck cari judulnya!
moga2 tambah bnyak lulusan ilkomx.

9 01 2009
swamp

Hikz…iya, brarti udah berapa kali ya tuh pergantian kurikulum? Mas/Mbak angkatan’03 ya?

Hehe, trima kasih supportnyah!!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: