Setting Theme pada Gmail

2 12 2008
Tampilan Gmail makin eye-catchy dengan theme 'Planets'
Tampilan Gmail makin eye-catchy dengan theme Planets

Baru-baru ini Google menyediakan kostumisasi tampilan Gmail. Setiap user bisa memilih theme sesuai keinginannya. Total jendral terdapat 31 theme yang disediakan. Tidak hanya itu, tampilan beberapa theme pun disesuaikan dengan lokasi user, maka tampilan theme akan berbeda di tiap lokasi, karena ada kostumisasi location.

Nah, bagi pengguna Gmail begitu login akan terdapat satu pilihan menu di sudut kiri atas yang dilabeli dengan “Settings”. Begitu dipilih, bagian “Settings” akan ditampilkan, terdiri dari menu-menu seperti Generals, Accounts, Labels, dan lain-lain.

Menu Settings
Menu Settings

Untuk memilih theme, pilih menu “Themes”. Begitu dipilih akan tampil 31 theme yang disediakan untuk kita. Dibawah thumbnail theme-theme yang disediakan terdapat pilihan untuk menentukan lokasi kita, berupa pilihan Negara dan satu isian untuk menentukan kota. Untuk menyimpan perubahan yang kita lakukan, klik Save Changes. Hasilnya dapat kita lihat dengan berubahnya latar belakang dan warna halaman account Gmail kita yang biasanya putih, sesuai pilihan theme kita.

Pilihan theme yang tersedia
Pilihan theme yang tersedia

Asyiknya, beberapa tampilan theme yang kita pilih bisa berubah-ubah seiring waktu. Misalnya saja saya memilih theme “Planets”, gambar planetnya akan berubah sesuai waktu kita membukanya. Begitu pula ketika saya memilih theme “Phantasea”, ternyata warna lautnya berbeda dengan yang ada pada thumbnail. Rupanya warna ini disesuaikan dengan lokasi dan waktu akses kita. Sayang, ketika saya masukkan nama kota ‘Malang’, rupanya nama kota ini belum dikenali, hikz…terpaksa deh harus puas dengan Djakarta atau Surabaya saja.

Pilih 'Change' untuk mengubah lokasi
Pilih Change untuk mengubah location

Pilih Country, isi City, klik 'Save'

Pilih Country, isi City, klik Save

Jika kita sedang jenuh dengan tampilan theme yang berbeda, kita juga bisa mengembalikannya ke setting default dengan memilih theme “Classic”.

Suatu waktu, saya ingin menunjukkan pada teman kalau Gmail punya fitur baru yang menarik. Anehnya, ketika dibuka melalui browser di laptopnya, fitur theme ini gak berfungsi. Jangankan berfungsi, pilihan “Themes” pada Settings aja gak ada. Saya jadi bertanya-tanya….Kok gitu sih?

Ternyata untuk mengaktifkan fitur ini, ada syaratnya. Antara lain adalah versi web-browser yang digunakan. IE6 misalnya, tidak mendukung fitur ini. Menurut info yang saya dapat, untuk menikmati fitur ini gunakan IE7 atau Firefox2+. Lebih baik lagi kalo selalu update web browser kita, karena ada beberapa add-ons /plugin yang sedang dikembangkan terkait fitur theme ini. Nah, rupanya web browser di laptop teman saya memang tidak terupdate, pantas saja fitur ini jadi tidak bisa diakses. Jadi masalahnya bukan pada email kita, tapi browser dimana kita mengaksesnya.

Oia, sekedar memberi info, fitur ini masih baru dan tergolong dalam pengembangan, jadi apabila ada beberapa gangguan ya wajar. Namun demikian, hingga saat ini yang saya rasakan adalah bahwa fitur ini-sekalipun baru-namun tidak berat ataupun membebani fungsi utama email kita, malahan bisa dibilang kerja Gmail masih tetap cepat dan mudah, termasuk untuk menampilkan perubahan theme yang notabene berupa tampilan grafis yang cukup besar.


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: