Berburu Buku Yuk…! (Part 2)

10 12 2008

Jika pada tulisan sebelumnya, kita telah membahas beberapa toko buku yang terbilang besar di Malang, maka kali ini saya akan mengulas toko buku yang diskonnya meraja. Khusus dalam pembahasan berikut ini merupakan book spots yang selalu menyediakan diskon setiap saat-tanpa mempedulikan cuci gudang atau tidak-setiap waktu, dengan diskon yang mencapai 25%.

1. Togamas

Berawal dari sebuah toko di daerah Jalan Galunggung, awalnya Togamas dikenal sebagai toko buku diskon yang koleksi bukunya masih terbatas. Seiring waktu, Togamas menjadi kepercayaan masyarakat sebagai salah satu penyedia buku terlengkap dan termurah di Kota Malang. Apalagi sejak berpindah ke ruko di seberang Plaza Dieng. Cari buku kuliah? Buku pelajaran? Komik? Komputer? Novel? Cerita? Sastra? Majalah? Semua ada. Diskon? Selalu!(kecuali untuk beberapa majalah tentunya!)

Untuk buku-buku kuliah, pelajaran, dan komputer diskon bisa mencapai 20%, tergantung pada penerbitnya. Sementara buku-buku novel dan cerita terbitan Gramedia mendapat diskon 5-10%, komik terbitan Elex atau M&C juga memperoleh porsi setara, bergantung pada baru-tidaknya edisi. Bahkan beli Harry Potter di sini pun dapet diskon loh!

Nah, kalau untuk stationery memang harganya sama saja dengan toko-toko lain, sekalipun ada pilihan yang variatif untuk beberapa item.

2. Dian Ilmu

Toko buku yang satu ini terbilang masih baru dibanding rekan-rekannya. Mengkhususkan diri pada buku kuliah, pelajaran, kamus, agama, termasuk Al-Qur’an, sekalipun menyediakan beberapa buku populer semacam novel, humor, atau buku pergerakan dengan jumlah dan penerbit yang terbatas, toko buku ini terletak di Jl. Retawu, pas di seberang bursa buku Jl. Wilis alias Blok W. Kelebihannya, di sini kita bisa mendapat buku dengan diskon hingga 25%! Apalagi jika kita membelinya dalam jumlah banyak. Memang, toko ini menerima pesanan buku kuliah secara kolektif, tentunya dengan harga yang lebih murah ketimbang di toko buku biasa. Nah, bagi yang ingin mencari kamus kedoketeran, buku-buku teks kedokteran, teknik, komputer, terutama dari penerbit-penerbit semacam Salemba, Andi, Indeks, dan Erlangga, di sinilah tempatnya. Untuk mencari buku pelajaran mulai dari buku latihan untuk TK/pra-sekolah, SD, hingga SMA dari penerbit Esis, Bumi Aksara, Intan Pariwara, dan macam-macam lagi kita tidak perlu mencari tempat lain.

Satu lagi, harga stationery di sini amatlah murah, harganya di bawah pasaran toko buku lain. Hal ini wajar, karena sebenarnya Dian Ilmu ini adalah grosir buku dan alat tulis, meskipun tetap menerima pembelian retail. Selain di Siswa, saya amat menyarankan untuk membeli kebutuhan stationery di toko ini. Karena, percayalah (saya tidak dibayar untuk jadi promo-girl toko ini lho), murahnya memang bukan main.

3. Karisma

Karisma muncul pertama kali di Alun-Alun Mal, tepatnya di lantai 2 Ramayana dan tampil lebih sebagai penyedia stationery daripada toko buku: koleksinya amat sedikit dan terbatas. Bertahan sebentar, toko ini lalu menghilang tanpa alasan yang jelas(kalau dikira-kira sih mungkin karena sepi kali ya). Baru setelah kepindahan Gramedia Mitra II ke Matos, lantai samping ke-3 yang kosong beberapa saat lamanya tersebut kemudian ditempati oleh Toko Buku Karisma. Kali ini, Karisma rupanya muncul dengan format baru, yaitu sebagai toko buku “beneran”, lebih banyak dan lebih variatif buku-buku yang dijual di sini. Toko buku ini juga royal dan cukup sering memberi diskon sekalipun tidak selalu. Namun diskonnya rata-rata berlaku untuk hampir semua buku, sekalipun dengan porsi berbeda. Terakhir kali saya ke sana, koleksi buku teks komputernya makin banyak dan bahkan-menurut saya-mengalahkan koleksi Gramedia(bisa jadi pas saya lagi mampir, stoknya sedang penuh).

4. Toko komik Pojok

Toko ini memang terbilang kecil mungil, nyaris tidak terlihat seperti sebuah toko buku kecuali bagi mata awas para pemburu komik. Memang benar, toko ini lebih merupakan agen komik, dan sebenarnya lebih pantas disebut sebagai kios karena kecilnya. Terletak di sudut barat laut alun-alun kota Malang, seperti sudah saya tegaskan sebelumnya, hanya pemburu komik bermata elanglah yang mampu mengenali kios ini. Di sini kita bisa memesan komik yang akan terbit, bahkan seringkali kita harus memesan supaya tidak kehabisan. Bahkan sebelum komik terbaru muncul di Gramedia, komik baru di toko ini bisa jadi datang 1-2 hari lebih awal. Asyiknya, harganya lebih murah dibanding harga toko. Dulu, ketika jamannnya komik Elex masih 9000-an, di sini kita bisa memperolehnya dengan harga 8000-an. Lumayan kan? Apalagi buat yang koleksi komik atau persewaan buku.

(bersambung)

Next: bursa buku bekas dan buku murah di Malang! Cocok untuk para pemburu buku kuno, buku langka, ataupun terbitan lama..


Actions

Information

4 responses

12 12 2008
si budi

weh…mantab ekplorasinya

aku tunggu sambungannya nih

28 03 2009
LumbungBuku

aku juga tunggu sambungannya nih🙂
Trims🙂

16 09 2011
dinikozemake

:-bd Sip…Wilis nggak termasuk tuh? Kalo beli kertas paling murah di Ringgit, daerah Kayutangan (skripsi ane beli kertas disitu terus).
Saya belum pernah ke Dian Ilmu, besok mau nyoba membuktikannya..

19 09 2011
swamp

2 dinikozemake,
Wilis sudah saya masukkan di seri Berburu Buku Yuk…! selanjutnya :
https://tunjungsari.wordpress.com/2009/02/06/berburu-buku-yuk-part-3/
Setahu saya Ringgit itu daerah Oro-oro Dowo? Memang murah, karena di situ kan grosir🙂
Silakan…nanti saya tunggu laporan kunjungan Anda😛

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: