Now: Open Source CMS 2008 Award Winners List!

16 12 2008

Mungkin tulisan ini bisa dibilang ‘sedikit’ terlambat, karena pengumumannya sendiri sudah keluar Oktober lalu. Tapi karena belum sempat mereview, akhirnya baru sekarang tulisan ini dipublish. Lebih baik terlambat daripada tidak, bukan?

And the award goes to….

Best Other Open CMS/non PHP Open Source CMS
Kategori untuk open source CMS yang tidak berbasis PHP/ MySQL tahun ini dirajai oleh:
1. Plone
2. dotCMS
3. DotNetNuke

Best PHP Based Open Source CMS
Tahun ini persaingan ketat terjadi di antara para finalis yang membawa standar yang tinggi terhadap kriteria juri. Akhirnya, diputuskan bahwa pemenangnya adalah…Drupal. Adapun posisi runner-up direbut bersama oleh Joomla! dan CMSMadeSimple sekaligus. Ini menunjukkan kekuatan finalis yang masuk sekaligus konsistensi mereka. Saya sendiri berpendapat CMSMadeSimple lebih nyaman dibanding Drupal, dan jelas lebih simple dibanding Joomla!

Most Promising Open Source CMS
Kategori ini adalah kategori yang hanya dapat diikuti oleh CMS yang kemunculannya tidak lebih dari 2 tahun sebelum waktu pendaftaran (yaitu Juli 2008). Posisi top-three akhirnya diraih oleh:
1. SilverStripe
2. CMS Made Simple
3. ImpressCMS/MiaCMS
Kemunculan CMS Made Simple sebagai runner-up bukanlah sesuatu yang tak terduga. Dengan kenyamanan dan kemudahan yang ditawarkan oleh CMS ini, sekalipun masih baru, ia mendapat tempat yang mapan di hati pemilih. Namun hingga saat ini, saya belum menemukan kelebihan SilverStripe dibandingkan CMSMadeSimple(?) Ada yang mau memberitahu saya?

Nah, bagaimana dengan Overall Winner tahun ini? Rupanya Drupal yang masih belum puas memperoleh gelar Best PHP Based Open Source CMS Winner, juga menyabet gelar Overall Winner 2008. Tempat kedua diraih oleh Joomla!, yang merupakan Overall Winner tahun lalu sekaligus finalis termuda diantara kedua finalis lain, diikuti DotNetNuke, satu-satunya finalis yang ditulis dalam VB.NET untuk framework ASP.NET.

Drupal sendiri, menurut Packt, terpilih karena besarnya komunitas yang mendukung perkembangan CMS yang satu ini. Dalam 12 bulan terakhir, Drupal telah didownload hampir 1.5 juta kali, dan digunakan oleh beberapa situs terkenal seperti Warner Brothers Music, MTV UK, dan the New York Observer.

Nah, bagaimana dengan WordPress? Meski tidak termasuk dalam jejeran finalis dari kategori manapun, namun Matt Mullenweg terpilih menjadi salah satu CMS MVP(Most Valued Person) yang disejajarkan dengan 23 MVP dari CMS lain. Komentar yang didapat WordPress kali ini adalah:

“WordPress can do it all — from running a personal blog to a corporate web site. And it has the most vibrant user community in the open source world.”

Sumber(copy-paste): Packt (doang)


Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: