Pak Janggut dan Cergam Bobo

21 01 2010

Berawal dari komentar seorang pengunjung yang membaca tulisan “Komik dari Masa ke Masa”, saya kemudian mencoba mengunjungi blog Komik dari Masa ke Masa dan menemukan berbagai komik menarik, yang salah satunya adalah komik-komik Pak Janggut, cerita yang dulu sering dimuat di majalah Bobo.

Semua pembaca setia majalah Bobo mulai dari tahun 70-an hingga tahun 2000 pastilah mengenal salah satu segmen yang menarik dari majalah ini: cergam. Awalnya cergam ini disisipkan sebagai bonus yang terlepas dari majalah. Meski demikian, bonus sisipan ini sangat diminati dan akhirnya menjadi satu bagian dari Bobo yang kemudian keluar secara kontinyu dengan berbagai cerita bergambar dengan berbagai tema menarik (walau belakangan ternyata tidak muncul lagi).

Cergam yang pernah dimuat biasanya cerita lepas yang tak terkait satu sama lain, beberapa yang saya ingat adalah Sepatu Kuning Mungil, Buku Harian Penari Balet, Ikal Kuda Hitam Terkutuk, Kebun Rahasia, Kucing dan Tikus, Menggapai Prestasi, Tak Akan Berpisah, Emas untuk Misha, dan masih banyak lagi. Namun selain itu ada juga cerita dengan karakter yang sama yang selang beberapa waktu akan keluar lagi dengan kisah petualangan yang berbeda. Untuk yang terakhir ini beberapa di antaranya adalah serial Pak Janggut, Dua Hantu Cilik, dan Amadeus Coca. Ada satu lagi cerita tentang seorang anak Indian yang saya lupa namanya😛.

Pak Janggut merupakan tokoh yang paling banyak serialnya, mulai dari Putri yang Manja, Monster Danau Kabut, Gigi-gigi Casius Gaius, dan banyak lagi. Cerita berkisar pada petualangan Pak Janggut, seorang tua yang imut (memang orangnya pendek dan gendut…) namun bijaksana dalam pengembaraan menjelajahi dunia ini dengan berbekal bungkusan ajaibnya yang merupakan warisan dari kakeknya. Petualangan Pak Janggut menjadi sangat menarik karena tidak hanya berputar di dunia ‘biasa’, namun juga dunia sihir, dunia yang dikenal Pak Janggut sebab kakeknya seorang penyihir. Di sini Pak Janggut berkenalan dengan tiga anak penyihir ingusan (padahal umurnya 200 tahunan!) yaitu Pompit, Rika, dan Domoli. Beberapa cerita Pak Janggut banyak berhubungan dengan ketiga anak tersebut, yang memang selain iseng dan nakal, juga suka membuat masalah, walaupun seringkali tanpa disengaja. Untunglah, Pak Janggut banyak dibantu oleh bungkusan ajaibnya yang selalu memberikan apa yang dibutuhkan Pak Janggut dalam menghadapi berbagai masalah. Uniknya, tidak seperti kantong ajaib Doraemon yang bisa memberikan apa yang diminta Nobita, kadangkala bungkusan Pak Janggut tidak memberikan apa-apa untuk menyelesaikan suatu masalah, karena bungkusan Pak Janggut ini memang memberikan bantuan yang tepat di saat yang tepat: yaitu di saat Pak Janggut benar-benar membutuhkan. Yang asyik lagi adalah barang yang dikeluarkan bungkusan tersebut seringkali berupa petunjuk atau barang biasa yang untuk menggunakannya terlebih dahulu Pak Janggut harus memutar otak terlebih dahulu. Jadi tidak seperti Doraemon yang biasanya memberikan solusi instan, tapi malah membawa masalah yang lebih rumit di belakang.

Beberapa cergam Pak Janggut sempat diterbitkan dalam bentuk buku di bawah majalah Bobo, yaitu Putri yang Manja dan Kerajaan Satwa (mungkin ada yang lain lagi? Ada yang tahu???).  Jika Anda beruntung, Anda mungkin masih dapat menemukannya di bursa buku bekas dengan sedikit kesabaran dan pengamatan yang teliti. Namun jika tidak, Komik dari Masa ke Masa menyediakan link donlot gratis seri Pak Janggut untuk Anda semua yang menggemari pengalaman dan petualangan “pak tua yang cebol tapi bijaksana” ini (seperti yang sudah saya lakukan!!!).

NB: Terima kasih buanyak untuk e-bukukomik (gak nyantumin nama siy…) yang sudah berkunjung, mau berkomentar, sekaligus memberikan link yang asyik buat donlot komik!!!


Actions

Information

10 responses

24 01 2010
dasir

Hallo, salam kenal.
Mau nanya ini tunjungsari nya mana yah?
Kok sm dg nama desaku,,salam

26 01 2010
swamp

2 dasir,
salam kenal juga. tunjungsari itu bagian dari nama saya…

3 02 2010
anny

Walahhhhh ini komik2 kegemaranku aku sampai sekarang pingin banget baca komik2 ini, planet yang hampir musnah juga seru tuhhh😀

3 02 2010
swamp

2 anny,
Waw…iya, iya ingat-ingat lupa sih ceritanya… kayaknya kok agak kecampur sama “Bagaikan Hewan dalam Kurungan” ya???

13 03 2010
ica

duhhh…thanks bgt ya..aku seneng bgt bs download komik pak janggut secara aku penggemarnya…sebagian bobo ku yg ad seri pak janggut nya uda pada hilang krn kbyakan dipinjam tnp dikmbalikan ma temen2 ku…bbrp cergam yg kamu sebutkan jg pernah ku baca…kluargaku berlangganan bobo dari thn 83an smpe 1994..wah pokoknya bobo versi th 80-90an tu top bgt deh..beda jauh ma sekarang kebanyakan cerita seleb…beda zaman sih ya…hehehe..

21 03 2010
swamp

2 ica,
Sebenernya ucapan terima kasih ini lebih layak kalo disampaikan ke e-bukukomik yang sudah menyediakan fasilitas donlot Pak Janggut untuk kita!!! Salut!!! Never thank you enough…

5 08 2011
puspitadee

salam kenal… saya lagi hunting cergam sepatu kuning mungil, bisa bantu dapet link untuk download gak? tengkyu🙂

6 08 2011
swamp

2 puspitadee,
Salam kenal😀
Hmm…saya dapet cukup banyak cergam bobo dari grup Yahoo! Sisipan Bobo, coba langsung gabung saja. Selain SisipanBobo, juga ada grup SisipanBobo2, SisipanBobo3, dan SisipanBobo4. Saia agak lupa2 ingat apa Sepatu Kuning Mungil ada, tapi sampai sekarang grup ini masih terus update koleksinya kok. Selamat mencoba🙂

10 12 2011
zuardin

salam,,buat teman-teman yang ingin bernostalgia lagi dengan majalah bobo edisi lama beserta sisipannya,,kunjungi blog saya di :
http://zonadjadoel.blogspot.com
majalah bobo beserta sisipannya diupdate tiap minggu lho,,
trims.

13 12 2011
swamp

2 zuardin,
Wah..terima kasih sekali sudah berbagi sisipan cergam2 Bobo lama. Saya sudah mampir ke blognya dan sekarang sedang mendonlot beberapa cergam.
TOP! d^^b

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: