Berburu E-book (update 2016)

3 12 2016

Kalo dipikir-pikir, sudah sejak kapan ya saya baca e-book? Hmm… mungkin sudah dari awal masa kuliah. Sapa yang mengira kalo kerjaan saya ternyata sekarang ngubek-ngubek e-book juga, haha. Namun gara-gara itu saya jadi punya kesempatan untuk cek sumber e-book di sana-sini, selain untuk cek format dan aplikasi sekaligus juga untuk mempelajari sistemnya. Apalagi dengan boomingnya sistem operasi Android, rasanya makin mudah untuk akses e-book sekarang (jauh lebih mudah dibanding jaman pra-mobile device sih, setidaknya). Saya sendiri baru aktif menggunakan Android sejak 2013, cukup terlambat sebenarnya. Padahal awal-awal lulus kuliah saya sempat nulis seputar Android untuk content writing, kira-kira setengah tahunan (mulai pertengahan 2011 hingga awal 2012). Sesungguhnya saat itu saya belum pernah menyentuh Android sama sekali.
Nah, sekarang saya mau share sumber-sumber e-book yang biasa saya pake berikut plus minusnya. Format yang saya pake cukup variatif, mulai dari word, pdf, djvu, chm, epub, lit, txt, rtf, atau bahkan html.


1. Project Gutenberg
Project Gutenberg masih menjadi sumber terpercaya karena koleksinya yang cukup banyak dan terus bertambah. Terutama Project Gutenberg Australia, karena aturan lisensinya berbeda (expired lebih cepat). File e-booknya berformat epub, txt, dan hmtl (silakan pilih) dan bisa langsung didownload.

2. Manybooks.net
Manybooks juga menyediakan e-book dalam berbagai format, lebih banyak dari Project Gutenberg. Saya sih gak pernah coba download semua format, yang paling sering epub atau pdfnya. Soalnya saya pernah coba download format txt dan settingannya agak kacau (semacam hasil konversi yang gak dirapiin). Klo epub dan pdfnya menurut saya cukup rapi.

3. Feedbooks.com
Sumber yang satu ini saya temukan dari aplikasi epub reader di Android semacam Aldiko, Moon+ Reader, dan Bluefire Reader. E-booknya bermacam-macam namun ada yang gratis dan ada yang berbayar. Yang gratis lumayan banyak (biasanya langsung intip saja di bagian Free Public Domain Books dan Free Original Books), rata-rata buku klasik. Formatnya yang jelas epub. Untuk buka epub di Windows bisa pake Adobe Digital Editions atau epub reader yang lain. Banyak kok aplikasi epub reader gratis baik untuk PC maupun Android. Terakhir yang paling gres saya coba Icecream reader. Mungkin saya nanti bakal nulis soal ini di post yang berbeda.

Itulah 3 website yang lumayan sering saya intip untuk e-book. Selain itu tentu banyak alternatif lain baik yang berbasis aplikasi seperti Kobo dan Google Playbooks atau yang berbasis web biasa. Rata-rata situs-situs e-book sekarang punya aplikasi sendiri sih, seperti Scribd contohnya. Coba-coba saja~

Advertisements

Actions

Information

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: